SIGMA FISIKA

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI TEMPAT BELAJAR DAN BERBAGI ILMU PENGETAHUAN

Friday, August 18, 2017

KURIKULUM 2013 FISIKA SMA

SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas /Semester           : X / I
Kompetensi Inti:
 KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4: Mengolahmenalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar

1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Pengukuran
·  Ketelitian (akurasi) dan ketepatan (presisi)
·  Kesalahan pengukuran
·  Penggunaan angka penting






Mengamati
·         Membuat daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu, termasuk  yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumatera Utara, untuk ukuran panjang: tumbak di Jawa Barat).
·         Mengamati  beberapa alat ukur panjang, massa dan waktu yang ada di sekitar(mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch) dan menemukan cara bagaimana alat tersebut bekerja/digunakan
Menanya
·         Mendiskusikan cara menggunakan alat ukur, cara mebaca skala, dan cara menuliskan hasil pengukuran
·         Mendiskusikan aspek ketelitian, ketepatan, dan keselamatan kerja dan alat dalam mengukur
Eksperimen/explore
·         Mengukur masa jenis kelereng (pengukuran dilakukan satu kali) dan batu kerikil (dilakukan berulang dengan ukuran beda dan jenis yang sama) secara berkelompok dengan menggunakan neraca, jangka sorong atau mikrometer, dan gelas ukur
Asosiasi
·         Mengolah data hasil pengukuran berulang (diberikan oleh guru) dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan, serta menyimpulkan hasil interpretasi data
Komunikasi
·         Membuat laporan tertulis
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan pengukuran
Observasi
Ceklist  lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian tentang penggunaan angka penting dan kesalahan pengukuran dan/atau pilihan ganda tentang membaca alat ukur
9 JP
(3 x 3 JP)
















Sumber:
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat:
·      Neraca
·      jangka sorong
·      mikrometer
·      gelas ukur,
·      stopwatch



















2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

.1      Memahami hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan aturan angka penting)
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah


1.1    Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2    Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Penjumlahan Vektor













Mengamati
·         Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam sebuah pengamatan bersama
Menanya
·         Menanyakan cara menghitung besar dan arah dua buah vektor
Eksperimen/explore
·         Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
Asosiasi
·         Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu

Komunikasi
·         Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan vektor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang resultan dua dan/atau tiga vektor
9 JP
(3 X 3 JP)
Sumber:
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      neraca pegas
·      busur derajat
·      papan triplek yang dilengkapi kertas berpetak


2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

.2      Menerapkan prinsip penjumlahan vektor (dengan pendekatan geometri)

4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah

4.2  Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menentukan resultan vektor


1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Gerak Lurus dengan Kecepatan dan Percepatan Konstan

Mengamati
·         Mengamati demonstrasi gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
Menanya
·         Menanyakan perbedaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
Eksperimen/explore
·         Melakukan percobaan gerak lurus dengan kecepatan konstan dengan menggunakan kereta atau mobil mainan.
·         Melakukan percobaan gerak lurus dengan percepatan konstan dengan menggunakan troly.
Komunikasi
·         Mempresentasikan hasil percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik
Asosiasi
·         Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan kecepatan konstan.
·         Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan.
·         Menganalisis besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan gerak lurus dengan kecepatan dn percepatan konstan
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda  gerak lurus dengan percepatan konstan
12 jam
(4 x 3 JP)




Sumber:
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      papan luncur
·      troly
·      kereta mainan tenaga batere
·      tiker timer


2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.3  Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan

4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.3  Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan


1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Hukum Newton dan Penerapannya
Mengamati dan Menanya
Mengamati pergaan:
·         benda diletakan di atas kertas kemudian kertas ditarik perlahan dan dan tiba-tiba
·         benda ditarik atau didorong untuk menghasilkan gerak
·         benda dilepas dan bergerak jaruh bebas
·         benda ditarik tali melalui katrol dengan beban berbeda
Mendiskusikan:
·         penyebab benda bergerak
·         pengaruh masa benda dan besar gaya terhadap percepatan gerak
Komunikasi
·         Menggambar gaya berat, gaya normal, dan gaya tegang tali dalam diskusi pemecahan masalah dinamika gerak lurus tanpa gesekan
Eksperimen/Eksplorasi
·         Melakukan percobaan hukum Newton 1 dan 2 secara berkelompok
·         Melakukan percobaan gerak benda misalnya dalam bidang miring untuk membedakan gesekan statik dan kinetik
Asosiasi
·         Menghitung percepatan benda dalam sistem yang terletak pada bidang miring, bidang datar, dan sistem katrol dalam diskusi kelas.
Tugas
Menerapkan hukum Newton dalam memecahkan masalah
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis
Tes
Tertulis Uraian dan Pilihan Ganda tentang hukum Newton 2
9 JP
(3 x 3 JP)










Sumber:
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat:
·      katrol
·      beban gantung
·      troly
·      tiker timer


2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.4  Menganalisis hubungan antara gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.4  Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki hubungan gaya, massa, dan percepatan dalam gerak lurus
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Gerak Melingkar dengan laju Konstan

Mengamati
·         Menemukan besaran frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linier, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal pada gerak melingkar melalui demonstrasi.
Menanya
·         Mengidentifikasi besaran frekuensi, frekuensi sudut, periode, dan sudut tempuh yang terdapat pada gerak melingkar dengan laju konstan.
Eksperimen/Eksplorasi
·         Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki gerak yang menggunakan hubungan roda-roda.
Asosiasi
·         Menganalisis gerak melingkar beraturan dalam pemecahan masalah melalui diskusi kelas
·         Menganalisis besaran yang berhubungan antara gerak linier dan gerak melingkar pada gerak menggelinding dengan laju konstan
Komunikasi
·         Mempresentasikan contoh gerak melingkar dalam kehidupan dan aplikasinya
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan gerak melingkar
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Bahan presentasi
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda besaran-besaran pada gerak melingkar dengan laju konstan
9  JP
(3 x 3 JP)



Sumber:
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.5  Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
4.5  Menyajikan ide/gagasan terkait gerak melingkar (misalnya pada hubungan roda-roda)





SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas /Semester           : X / 2
Kompetensi Inti*
 KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4: Mengolahmenalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Elastisitas dan Hukum Hooke
·         Hukum Hooke
·         Susunan pegas seri-paralel





Mengamati
·         Peragaan benda elastis dan benda plastis
·         Demonstrasi pengaruh gaya terhadap perubahan panjang pegas/karet
Menanya
·         Tanya jawab sifat elastisias benda
·         Diskusi stress, strain, dan modulus elastisitas
·         Diskusi tentang hukum Hooke dan susunan pegas
Eksperimen/Eksplorasi
·         Percobaan hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara berkelompok
·         Eksplorasi untuk menemukan karakteristik susunan pegas seri dan paralel
Mengasosiasi
·         Mengolah data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan membandingkan hasil percobaan dengan bahan pegas/karet yang berbeda
·         Memformulasi  konstanta pegas susunan seri dan paralel
Mengkomunikasikan
·         Diskusi kelompok membahas hasil percobaan
·         Membuat laporan praktik



Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan alastisitas dan hukum Hooke
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda hukum Hooke pada susunan pegas seri /paralel
12 JP
(4 x 3 JP)













Sumber:
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      statif
·      beban gantung
·      pegas/karet
·      mistar


2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.6  Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.6    Mengolah dan menganalisis hasil percobaan  tentang sifat elastisitas suatu bahan
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Fluida statik
·     Hukum utama hidrostatis
·     Hukum Pascall
·     Hukum Archimedes
·     Gejala kapilaritas
·     Viskositas dan Hukum Stokes

Mengamati
·      Peragaan:
-     simulasi kapal selam dalam botol minuman
-     keadaan air dalam sedotan minuman dalam berbagai keadaan
-     Mencari informasi penggunaan sistem hidrolik dan sistem kerja kapal selam
Menanya
·         Mendiskusikan hukum-hukum fluida statik dan penerapannya
Eksperimen/explore
·         Membuat alat peraga sistem hidrolik secara berkelompok
Asosiasi
·         Menerapkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascall melalui percobaan
Komunikasi
·         Mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik dan penerapannya
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan fluida statik
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda hukum Archimedes, hukum Pascal, kapilaritas dan hukum Stokes
12 JP
(4 x 3 JP)






Sumber
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      tangki air atau ember dan hidrometer
·      bejana berhubungan
·      balon karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam)


2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7  Menerapkan hukum-hukum pada fluida statik dalam kehidupan sehari-hari
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.7    Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2  Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik

Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor
·     Suhu dan pemuaian
·     Hubungan kalor dengan suhu benda dan wujudnya
·     Azas Black
·     Peripindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi













Mengamati
·         Mencermati peragaan tentang:
-          Simulasi pemuaian rel kereta api
-          Pemanasan es menjadi air
-          Konduktivitas logam (almunium, besi, tembaga, dan timah)
·         Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda,  pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian), dan  perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
Menanya
·         Mendiskusikan pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda
·         Mendiskusikan azas Black dan perpindahan kalor
Eksperimen/explorasi
·         Melakukan percobaan untuk menentukan kalor jenis logam
Asosiasi
·         Mengolah data percobaan kalor jenis logam dengan menggnakan kalorimeter dalam bentuk penyajian data, membuat grafik, menginterpretasi dan dan grafik, dan menyusun kesimpulan.
Komunikasi
·         Membuat laporan hasil eksperimen
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan suhu dan perpindahan kalor
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan eksperimen
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian  tentang pemuaian, dan asas Black dan/atau pilihan ganda tentang perpindahan kalor dengan cara konduksi dan konveksi
12 JP
(4 x 3 JP)






















Sumber
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      kalorimeter
·      kubus logam
·      termometer
·      stopwatch
·      lilin
·      batang logam alumunium, besi, tembaga, dan timah
·      pemanas air




4.2  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
4.3  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
3.7  Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari
4.1  Menyajikan hasil pengukuran besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk penyelidikan ilmiah
4.8    Merencanakan dan melaksanakan percobaan untuk menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas  dan konduktivitas kalor
1.1   Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2   Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor dan optik
Alat-alat optik
·      Mata dan kaca mata.
·      Kaca pembesar (lup).
·      Mikroskop
·      Teleskop
·      Kamera.









Mengeksplorasi
·         siswa mengeksplorasi dari sumber belajar yang relevan tentang prinsip pembentukan -bayangan dan perbesaran pada kacamata,lup, mikroskop, teropong dan kamera .
Menanya:
·         Melalui diskusi kelas siswa aktif mengjukan pertanyaan tentang prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kaca mata, lup, mikroskop ,teleskop dan kamera
·         Melalui diskusi kelompok dapat membedakan pengamatan tanpa akomodasi dengan berakomodasi maksimum pada alat optik lup, mikroskop dan teleskop.
Eksperimen/eksplor
·         Merancang dan membuat teropong sederhana secara berkelompok
Mengkomunikasikan
·         Presentasi kelompok tentang hasil merancang dan membuat teropong sederhana

 Tugas
Membuat resume hasil eksplorasi untuk bahan diskusi kelas.
Portofolio
Bahan presentasi rancangan untuk membuat teropong sederhana
Observasi
Cecklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Hasil karya
Teropong sederhana
Tes
Uraian dan atau pilihan ganda tentang prinsip pembentukan dan  perbesaran bayangan pada kaca mata, lup, mikroskop , teropong dan kamera
12 JP
(4 x 3 JP)































Sumber
·      PHYSICS: Principles with Aplication / Douglas C. Giancoli – 6th ed. Pearson Prentice Hall
·      FISIKA SMA Jilid 1, Pusat Perbukuan
·      Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
·      e-dukasi.net
Alat
·      teropong bintang
·      mikroskop


















2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2  Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.9 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.9    Menyajikan ide/rancangan sebuah alat optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan lensa






Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Blogger templates